Senin, 28 Maret 2011

Kemarin itu Saya Senang

Semalam saya nonton wayang golek di kampus. Ini pertama kalinya saya nonton secara langsung. Penasaran banget sih walaupun saya yakin akan banyak kalimat yang saya tidak mengerti tapi saya selalu menikmati nonton yang budaya-budaya seperti itu tuh.

Akhirnya saya tahu ternyata untuk menonton wayang golek itu dibutuhkan kesabaran yang lebih. Ini aneh tapi beneran loh. 

Pagelaran wayang golek itu tepat di lapangan di atas sekre UKM Spektrum yang mana saya adalah salah satu penghuni disana. Nah, mulai dari jam delapan itu udah mulai kedengeran suara-suara lagu sunda yang menarik hati.

Lalu saya naik ke atas itu dan ternyata masih pembukaan. Saya turun lagi dan liat jam udah jam setengah sembilan lewat. Saya ingat. Malam itu waktunya Earth Hour, lalu saya matiin semua lampu yang ada di sana sekalian iseng ganggu temen saya yang lagi makan.

Tak lupa saya mampir ke UKM sebelah untuk memberi tahu untuk mematikan lampu juga. Akhirnya jadilah gelap. Sekalian maksa orang-orang yang ada di dalam itu untuk nonton wayang.

Nah, semenjak gelap saya naik lagi ke lapangan menunggu wayangnya mulai. Sekitar jam sembilan mulailah para pemain musiknya itu beraksi. Saya pikir ini akan segera mulai, saya dan teman-teman saya mulai duduk dan menunggu.

Menunggu dan menunggu berharap lagunya selesai dan wayangnya dimulai. Ternyata saya harus menunggu satu jam untuk melihat wayang itu. Yak. Akhirnya sekitar jam sepuluh itu acaranya dimulai juga.

Di awal saya cuma bisa diem, ngeliat, senyum dan bingung. Sumpahnya saya enggak ngerti sunda alus, jadi saya enggak ngerti ngomong apa itu dalang. Cuma beberapa bagian yang saya ngerti.

Lalu tibalah di adegan berikutnya. Ini lebih modern dan lebih lucu karena saya ngerti. Ada Dedy Cobuzier dan Limbad segala di karakter wayangnya juga ada selipan gosip-gosip artis.

Saya masih ingat tuh bagian yang si dalang bilang, ini mah kalo enggak salah ya. Katanya cantik mah membosankan liat aja buktinya artis-artis pada cantik juga tetep aja dicerein berarti kan membosankan. Alasannya ngawur banget.

Saya paling suka di bagian yang ada satu karakter wayang yang suka mabok. Jadi di awal dan akhir kalimat selalu ada kata "anying". Itu lucu banget. Ini kalo diceritain gini sebenernya enggak ada lucu-lucunya sih emang harus nonton sendiri. 

Eh, tiba-tiba si wayang nyanyi lagunya Darso yang enggak tau judulnya apa tapi ada kalimat ini nih "boga kabogoh jauh". Dan seketika saya ingat mama saya, itu lagu yang sering banget di dengerin mama kalo lagi di mobil bahkan sambil ngetik di komputer.

Ah, jadi kangen mama. Jadi saya langsung sms mama walaupun udah tahu kalo mama udah tidur. Yang penting kangen. Sekarang jadi nambah kangen sama mama. 

Malem itu saya seneng banget, main di sekre, ngobrol-ngobrol, foto-foto, nonton wayang dan ngobrol secara tidak langsung dengan teman saya yang jauh disana dan saya dapet makan gratis dua kali. Beuh. Untuk anak kosan dengan akhir bulan yang parah itu udah kebahagiaan tiada tara.

Iya. Saya yakin sekali tulisan ini enggak ada alurnya. Enggak jelas mau cerita tentang apa. Yang jelas, saya kemarin malam itu senang dengan berbagai macam hal yang menimpa saya.

Tidak ada komentar: