Jumat, 02 September 2011

Maaf dan Memaafkan

Sepertinya ini lebaran yang berkesan untuk saya. Momen ini bikin saya tersadar sesuatu. Melepas seluruh gengsi dan egois saya yang tinggi untuk meminta maaf dan memaafkan.

Ternyata jauh lebih mudah meminta maaf daripada memaafkan. Yang saya pikir begini, kalo meminta maaf adalah membuka hati dan melepas gengsi. Sedangkan memaafkan itu membuka hati lalu menurunkan tingkat ego.

Lalu, yang membuat susah adalah ini nih, ketika berpikir untuk minta maaf berarti saya sudah menyadari kalau saya salah dan tentu harus minta maaf. Sedangkan ketika berpikir memaafkan berarti saya di posisi "merasa" benar dan membuka hati untuk memaafkan.

Ego saya yang tingginya kaya apaan tau itu harus diturunin banget dong. Jadilah itu berat buat saya, banget!

Belum berhenti sampai disana, efek dari meminta maaf dan memaafkan ini juga keren. Kalo abis minta maaf dan yang maafin langsung senyum atau keliatan seneng entah kenapa saya muncul rasa bersalah karena dulu berbuat salah. Nah, justru kalo saya yang sudah memaafkan dan itu bener-bener pake hati, beuuuhhh rasanya mantapnya pol. Tenang banget. Enggak ada beban.

Emang susah loh buat maafin yang tulus itu, tapi saya bukan Tuhan. Saya enggak punya wewenang untuk enggak maafin dan lebih enggak enak nyimpen benci.

Akhir kata, saya berharap untuk orang-orang yang sudah saya minta maafnya itu dengan tulus maafin saya dan untuk "kamu" yang diujung sana itu loh, saya sepertinya akhirnya berhasil maafin kamu loh. Hore banget kan!

Dengan tidak mengubah masa lalu, saya dan kamu tau rasa percaya tak bisa dibeli dengan maaf ya paling tidak udah enggak ada dendam di hati kita.

Tidak ada komentar: