Kamis, 28 Juli 2011

Oh Etika

Oh iya saya tiba-tiba inget ada satu hal yang sebenernya pengen saya tulis dari kemaren, ini tentang etika. 

Beberapa hari yang lalu saya ke Jatinangor lalu saya ke Spektrum. Pas lagi di Spektrum ada yang dateng dari UKM lain katanya mau ngasih data UKM buat panitia maba Unpad, karena panitianya enggak ada jadi itu data di taro di laptop saya.

Saya sempet nginep berapa hari tuh, sampe saya pulang enggak ada yang minta dan saya pun lupa untuk mindahin kemana gitu. Nah, pas saya udah nyampe Jakarta ada yang sms sore-sore kira-kira isinya begini "Kami dari pubdok mau nanya file foto buat prabu". Saya diem. Bingung dan berusaha mencerna dan bertanya dalam hati "ini siapa?". Oooohh, nama kepanitian buat maba di Unpad namanya Prabu.

Simpel ya isi smsnya, saya ngerti maksudnya ko tapi etikanya dimana?? Saya enggak tau itu orang namanya siapa trus mau nanya file foto. Kalau saya jahat, saya cuma akan jawab "sok, nanya aja..". Tapi ternyata saya lebih jahat karena saya bales "Maaf ini siapa?", saya enggak nyambung yaaa..

Langsung dibales. "Ini (nama dia) dari pubdok Prabu". Dalam hati saya teriak "TERUSS..". Hah. Harusnya kalo saya tambah jahat saya akan bales "oh", kan dia ngasih tau namanya. Tapi ternyata saya sangat bijak, saya bilang begini "Oh iya filenya ada di saya dari kemarin. Sekarang saya di Jakarta. Maaf ya mbak (nama dia) kalau ada perlu sama orang ga dikenal, coba perkenalkan diri dulu lalu bilang ada keperluan apa". Asiiikkk...

Dan tak ada balasan. Besoknya malem baru dia sms saya dengan isi sms lebih banyak "punten" dan "teh". Nah, saya jadi lucu karena sebenernya saya geli kalo dipanggil "teh" atau "kak" kecuali sama sodara.

Memang keliatan simpel dan mungkin akan ada yang bilang "yaelaaahh gitu doang" atau "gila hormat banget sih lo..!!". Bukan, saya enggak gila hormat. Saya enggak masalah kalau dia enggak manggil "teh", asal tau etika. Itu bukan simpel tapi enggak ada etikanya. Etika buat saya penting makanya ini saya bahas kalau menurut orang lain ga penting ya terserah.

Saya pernah diajarin sama dosen saya tentang etika sms atau nelepon orang yang belom kita kenal. Sewajarnya adalah tentu mengucap salam, entah selamat pagi siang sore lalu memberitahu nama kita, baru boleh menjelaskan keperluannya apa. Bahkan waktu pun dianjurkan pada jam-jam istirahat karena takut mengganggu terutama kepada orang yang lebih tua.

Ya menurut saya semua orang senang diperlakukan baik dan berhak diperlakukan baik. Kalau orang minta tolong dengan bahasa baik kayanya mau ngebantu juga enak tapi kalau bahasanya begitu mau bantu jadi mikir, ya jadi pamrih kan..

Tidak ada komentar: