Minggu, 10 Juli 2011

Jalan Raya Milik Kita Bersama

Saya mau cerita, hari ini saya jadi anak gaul. Anak gaul dalam definisi saya itu adalah anak-anak muda-mudi yang gayanya oke banget dan kadang terlalu lebih untuk tempat tertentu. Supaya keliatan keren dooong!!!

Eh, sepertinya saya bukan jadi anak gaul tapi ke tempat yang banyak sekali anak yang lebih muda dari saya jadi saya sedikit bingung apa mereka yang terlalu rapih apa saya yang terlalu berantakan. Ya sudahlah ini enggak penting. Yang penting gaya..

Di tempat itu lagi banyak acara, pesta buku, pesta baju dan pesta musik. Saya dateng ke pesta baju. Wuih, ramenya sampe bikin saya enggak mau beli apa-apa ya karena saya juga niatnya cuma nemenin aja.

Sudah jalan-jalan dan ngobrol-ngobrol akhirnya lapar. Saya dan teman-teman makan disekitaran tempat itu juga. Udah selesai makan pasti ngobrol lagi kan. Nah, pas ngobrol enak-enak tiba-tiba muncul segerombolan anak muda ada juga yang tua bawa kayu, bambu, batu dan enggak tau apalagi sambil lari dan teriak.

Teriakan yang kalo ada di televisi pasti bunyi "tit". Kami masih tenang dan ngobrol sambil ngeliat eh tiba-tiba jadi banyak banget. Lalu abang yang jualan tiba-tiba beberes dan kami pikir sudah waktunya pergi. Saya sempat beli minum dulu, pas beli abanganya bilang "bawa mobil ga neng? kalo bawa mending cepetan pergi".
Makin rame dan makin horor untunglah ada polisi dan sekuriti. Mereka yang ribut awalnya enggak mau pergi karena katanya temennya kepalanya bocor. Beuh..solidaritas!!

Entahlah tapi polisinya hebat juga karena dia cuma berdua sama sekuriti tapi berhasil membubarkan sekelompotan yang masih ngedumel dan membuat saya dan teman-teman juga ngedumel karena dibubarkan paksa.

Akhirnya kami pulang dan macet parah. Iya, ini malem minggu. Tapi macetnya agak-agak keterlaluan. Ternyata eh ternyata di penghujung macet terjawab sudah, ada yang bikin acara tapi parkir motor di jalan raya. Sepertinya acaranya pengajian atau apa saya kurang tau, tapi itu jalan mobil cuma dikasih satu jalur dan sisanya buat parkiran motor.

Saya sama sekali enggak masalah sama acara pengajian atau acara apapun itu karena saya juga Muslim dan belajar PPKn tentang toleransi umat beragama tapi kan ada aturan untuk enggak parkir di tengah jalan juga, saling menghargai antara sesama pengguna jalan. Oh iya, saya juga enggak tahu itu udah izin sama polisi atau gimana tapi enggak ada pemberitahuan atau imbauan atau poster atau spanduk atau apapun.

Kalau ternyata sudah izin ke Pak Polisi, tolonglah pak ada pemberitahuan atau sejenisnya supaya dengan pasti yang enggak tau enggak lewat sana. Kalo belom juga, tolonglah Bapak-Ibu yang punya acara juga memberikan pemberitahuan supaya yang enggak tau pasti enggak lewat sana. Ya, sama-sama pengguna jalan boleh kan saling menghargai.

Oh iya, cerita yang pertama dan yang kedua emang enggak nyambung tapi ada hubungannya dengan jalan raya. Saya sama sekali enggak masalah kalo ada yang mau pengajian, ini diulang dua kali karena takut ada yang salah sangka tapi tolonglah toleransi dan saling menghargai dengan pengguna jalan yang lain. Silakan mau dimana saja dan kapan saja tapi ya itu tadi pemberitahuannya jadi kan sama-sama enak.

Nah, kalo untuk yang ribut di jalanan, janganlah karena itu sangat-sangat menggangu pengguna jalan yang lain dan sangat tidak nyaman. Kalo ribut berdua aja biar jelas, mau adu mulut atau adu fisik yaudah yang ada masalah aja. Oh, jadi enggak kebersamaan ya? Bagus itu kebersamaan kalo makan-makan atau ngobrol-ngobrol tapi kalo ribut jangan ganggu yang lagi makan. 

Katanya negara hukum, kan ada Polisi. Slogannya aja melindungi dan melayani masyarakat pasti mau kok ngurus yang ribut begitu. Ya kan *Pak Pol??

* Pak Pol = panggilan sayang untuk Bapak Polisi

Tidak ada komentar: