Senin, 11 April 2011

Sakit Perut Akut (SPA)

Psikosomatik berasal dari kata Psyche yang artinya jiwa, dan soma yang artinya badan. Jadi psikosomatik adalah gangguan kesehatan yang berkaitan dengan jiwa dan badan. Para penderita psikosomatik, umumnya mengeluhkan gangguan yang berkaitan dengan sistem organ, seperti :
  1. Kardio-vaskuler: keluhan jantung berdebar-debar, cepat lelah
  2. Gastro-intestinal: keluhan ulu hati nyeri, mencret kronis
  3. Respiratorlus: keluhan sesak napas, asma
  4. Dermatologi: keluhan gatal, eksim
  5. Muskulo-skeletal: keluhan encok, pegal, kejang
  6. Endokrinologl: keluhan hipertiroidi, hipotiroidi, dismenorea
  7. Urogenital: keluhan masih ngompol, gangguan gairah seks
  8. Serebro vaskuler: keluhan pusing, sering lupa, sukar konsentrasi, kejang epilepsi.
Selain itu, masalah kejiwaan yang menyertainya yaitu gejala anxietas dan gejala depresi. 
* http://www.indosiar.com/ragam/75167/function.require-once

Nah, itulah psikosomatis. Biasanya sih saya kalo patah hati misalnya putus cinta gitulah saya sering banget sakit perut, nyeri ulu hati dan mencret kronis.

Lalu udah agak lama juga saya cerita ke temen saya yang namanya Andhini, tentang penyakit itu yang dulu saya enggak tahu namanya. Sampai suatu ketika teman saya anak psikologi membuat plurk tentang psikosomatis itu dan teh Andhin cuma ketawa dan bilang itu saya banget.

Saya iya-iya aja soalnya emang ngerasa gitu, pokonya tiap perasaan enggak enak gara-gara apapun saya pasti langsung sakit perut dan kalo udah parah saya jadi mencret-mencret dan juga perasaan enak kalo berlebihan juga bikin saya sakit perut.

Jadi, si teh Andhin ini paham kalo saya sakit perut tandanya saya sakit hati. Sial. Penyakit enggak elit sama sekali. Dulu itu saya seringlah sakit perut itu dan meyakini kalo itu dari hati, tapi udah lama enggak nih.

Sekitar tiga hari yang lalu sampai hari ini saya mengalami lagi sakit perut akut dan mencret-mencret itu. Masalahnya adalah saya enggak inget kenapa saya sakit perut parah, saya enggak inget kalo saya lagi sedih banget atau seneng banget karena akhir-akhir ini hidup saya kebolak-balik drastis.

Ini sebenernya enggak tau sih cerita apaan, sepertinya sih cuma curhat kalo saya sedang mencret kronis selama tiga hari dan tak tahu penyebabnya apa. Kemungkinan besar karena PMS jadi saya perasaannya berlebihan. 

Saya cuma lagi pengen nulis aja dan sakit perut ini penting loh. Oh iya, buat yang kemungkinan punya psikosomatis itu harus cepet-cepet diobatin loh karena bahaya banget bisa jadi sakit jiwa. Itu kata artikel yang tadi saya baca-baca. 

Ayo hidup sehat, sehat fisik dan juga mental!!! Haha.

Tidak ada komentar: