Jumat, 15 April 2011

"Keliatan Keren" itu Menyebalkan

Saya mulai geregetan banget nih, ada satu hal yang dari dulu bikin saya geregetan. Cerita ini enggak ada awal mulanya karena saya lupa sejak kapan saya geregetan tapi sampe sekarang masih aja geregetan.

Jadi, saya ini suka banget baca kutipan orang-orang. Siapa aja mau terkenal atau enggak asal itu bisa menginspirasi saya. Saya suka baca kutipan karena menurut saya itu dahsyat hanya dengan beberapa kata udah bikin saya diam seribu bahasa dan otak saya muter-muter.

Ada beberapa yang saya suka dan saya jadikan pedoman buat saya. Oh iya ada satu yang saya suka banget itu dari Oscar Wilde, katanya "Be Yourself, everyone else is already taken". Pertama kali saya baca langsung tercengang karena itu pendek banget tapi bener banget dan udah enggak bisa dibantah sedikitpun.

Nah, kutipan-kutipan seperti itu bikin saya seneng dan kadang merasa ada temennya karena mikirnya ya enggak jauh beda. Tentu saja kutipan-kutipan itu keren banget karena keluar dari seorang manusia yang pasti hasil dari pemikirannya.

Saya sering takjublah karena banyak kutipan ngena banget di saya. Ini pembukaannya kepanjangan deh. Jadi yang bikin saya geregetan adalah saya ini kan suka baca kutipan jadi beberapa ada yang saya hapal dan saya juga seorang pemerhati yang baik.

Saya sering kesal kalo ada temen saya atau siapapun yang saya kenal menggunakan kutipan tersebut tanpa mencantumkan nama pemiliknya. Serius, saya kesal banget liatnya. Maksudnya mau keliatan keren? Atau keliatan bijaksana?

Saya sama sekali enggak respeklah sama yang kaya gitu itu malah jadi keliatan sangat enggak keren di mata saya. Apa susahnya sih nulis atau sebut nama pemilik kutipan itu.  Sama halnya sama tulisan, beberapa kali saya menemukan kasus yang sama. Ada orang yang "mengaku-aku" tulisan orang lain karena menampilkan di blog atau dimanapun itu tanpa mencantumkan penulis aslinya. Itu jahat bangetlah.

Saya tahu banget nulis itu enggak mudah, karena harus mengeluarkan hati dan pikiran dalam waktu yang sama. Itu susah banget dan ada orang yang seenaknya aja ngambil tulisan orang lain. Itu sama sekali enggak punya hati.

Apa susahnya sih untuk jujur? Saya rasa kalau seseorang "mengaku-aku" kutipan atau tulisan orang lain sebenarnya dia suka sama tulisan itu tapi belum mampu ke arah sana. Kalo orangnya masih punya malu ya, itu kalo ketauan kan lebih malu lagi.

Ya. Saya emang enggak ngerti sama pemikiran orang-orang itu. Entah memang ingin keliatan keren atau apapunlah yang jelas itu perlakuan jahat. Apa susahnya sih sebut nama pemilik kutipan atau tulisan, kayanya enggak ada yang bikin susah deh. Heran saya heran.. 

Tidak ada salahnya kan mencantumkan sumber dan linkback. Hal ini tidak akan merusak reputasi anda, cuma merusak ego anda. -Enigma-

Tidak ada komentar: