Kamis, 19 Januari 2012

Selingkuh

Selingkuh. Entah kenapa kata ini muncul di kepala saya berulang-ulang.

Saya pernah selingkuh, jadi selingkuhan dan pernah juga diselingkuhi. Ketika melakukan ketiga hal itu rasanya ada yang menyenangkan dan tentu kebalikannya. Tenang, rasa bersalah munculnya belakangan bareng sama penyesalan.

Selingkuh bukan hanya untuk orang pacaran atau menikah karena ya itu cuma status. Saya percaya ada beberapa hubungan yang tak terdefinisi di kamus, hanya orang-orang itu yang merasakan. Tapi peristiwa selingkuh hampir sama dengan persepsi umum.

Sepemahaman saya sih tiga orang atau lebih yang terlibat akan sama-sama merasakan sakit. Pertama, yang diselingkuhin udah pasti kena duluan tuh. Lalu kemungkinan si tukang selingkuh dan si selingkuhan akan merasa sakit tergantung tingkat moral orangnya atau siapa duluan yang kena batu.

Oh, tapi ada lagi. Satu pihak yang "terpaksa/dipaksa" terlibat, dia adalah orang tahu tentang perselingkuhan ini. Entah tahu dari si tukang selingkuh atau selingkuhan, bisa juga tiba-tiba melihat kejadian perselingkuhan ini. Akan menyakitkan bagi dia kalau kenal si korban perselingkuhan yang enggak tahu apa-apa tapi enggak punya daya untuk ngasih tahu karena berbagai hal.

Ha! Intinya di lingkaran setan itu semua akan merasakan sesuatu.

Begini-begini, beberapa alasan selingkuh yang pernah saya dengar ataupun alasan saya sendiri. Apapun alasannya selingkuh itu menyakitkan apalagi buat yang diselingkuhin, pihak yang paling enggak tau apa-apa.

Hubungan terasa membosankan, sifat pasangan mulai ngaco, enggak sengaja ketemu yang cocok, pasangan terlalu cuek atau apapunlah itu. Itu cuma alasan, kalo udah enggak nyaman ya putuslah. Berani sedikit dong!

Ternyata begitu merasa jadi yang diselingkuhin dan pihak yang "terpaksa/dipaksa" tahu itu enggak enak banget. Mending putus jelas masalahnya apa gitu daripada tahu-tahu putus dengan penjelasan ngaco dan beberapa waktu kemudian ketemu sama si mantan sama orang itu. Beuh..

Katanya sih itu muncul begitu aja, gue kagak percaya. Gue percayanya rasa itu muncul karena yang "lama" itu ada beberapa sifatnya yang tiba-tiba jadi enggak bisa ditoleransi lagi. Padahal mah kalo baru jadi, semua perbedaan begitu indah.

Panjang ya, pokoknya intinya sebenernya : selesaikanlah dulu lalu mulai yang baru supaya enggak dipanggil masa lalu untuk menyelesaikan yang kelewat itu.


Ps : Kalo ada yang tetep mau main api ya jangan takut sama resiko lah, jangan nangis kalo udah kejadian. Air mata itu enggak bisa memadamkan api.

Tidak ada komentar: