Selasa, 24 Januari 2012

Saya si Pengguna Sepeda

Beberapa waktu ini saya sedang menjadi pengguna jalan bagian minoritas karena saya mengendarai sepeda. Minoritas karena di Bekasi ataupun Jakarta belum banyak jalur sepeda dan setau saya adanya cuma di Blok M, itu juga kalo enggak salah.

Minoritas karena setiap jalan-jalan paling banyak saya ketemu sepuluh orang yang kebetulan laki-laki. Bener juga loh kaum minoritas itu enggak enak, udah sedikit eh bawaannya salah aja. Kadang saya cuma bisa menghela napas panjang dan berkata "goblok!" tidak dalam hati.

Pengendara sepeda itu sering banget dikasih klakson walaupun udah paling pinggir jalan. Saya enggak ngerti kenapa supir angkot sering banget ngasih saya klakson pada posisi terpinggir saya padahal dia cuma mau lewat dan saya enggak ganggu. 

Pengendara angkutan umum memang paling hebat, mungkin rajanya jalanan. Angkutan umum itu suka berhenti tanpa tanda lampu kelap-kelip ke arah kiri karena berentinya juga di tengah. Saya juga sering disalip lalu dia berenti setelah menyalip saya karena ada yang mau turun atau naik. Itu berbahaya sekali!

Pengendara motor tak kalah hebatnya, saya pikir ini raja jalanan nomer dua. Beberapa itu enggak punya kaca spion dan sering banget nyalip saya tapi dengan segera ke arah kiri dan hobinya mengerem mendadak. Paling hebat itu kalo pengendaranya bapak-bapak, remaja pria dan wanita. Beuh..

Pengendara motor itu hebat banget karena jarang banget yang pake helm beneran. Sering banget tiba-tiba berenti di pinggir jalan tanpa pertanda apa-apa. Kadang juga pelan banget bawanya lalu dia berenti gitu aja tanpa lampu itu. Beberapa kali saya hampir nabrak karena semua hal yang saya sebut.

Pengendara mobil pribadi juga ada yang hebat. Ngebut banget kan tuh ya tiba-tiba ke arah kiri baru dia nyalain lampu dan berenti. Ada juga yang ngasih lampunya beneran pas udah belok itu paling mantep deh.

Sebenernya sih saya kurang ngerti kenapa begitu itu karena belom pernah jadi pengendara supir angkutan, motor dan mobil pribadi tapi ya ada baiknya menghargai sesama pengguna jalan. Menurut saya ada beberapa orang itu belom pantes punya SIM, bukan karena umur tapi kelakuannya.

Beberapa itu sombong, sombong karena tidak taat peraturan yang untuk dia-dia juga. Contoh enggak pake helm, motor udah enggak layak pakai, jarang pake sabuk pengaman, bawa kendaraan melebihi kecepatan yang ditentukan, masih banyak lagi kan ya.

Kalau mau kebut-kebutan atau gaya-gayaan ya ikut balapan aja sekalian. Melanggar peraturan yang jelas-jelas untuk kepentingan pribadi itu enggak keren loh. "Woooo, keren kebut-kebutan", keren banget kalo di arena balapan tapi kalo di jalan raya sama sekali enggak keren.

Ah, semoga suara saya sebagai kaum minoritas ini ada yang dengar. Semoga nanti aja jalur sepeda dimana-mana dan semoga yang atur tata kota pada belajar lagi supaya ada tempat khusus bagi semua pengguna jalan.

Tidak ada komentar: