Minggu, 23 Juni 2013

Curhat tentang Ikhlas

Kadang, obrolan tiba-tiba dan panjang itu bisa bikin ngebuka sesuatu di otak yang ketahan. Barusan tiba-tiba sadar kalo bukan tiga tahun tapi lima tahun dan barusan juga sadar kalo ikhlas itu banyak hal.

Mungkin sebelumnya sudah sadar tapi enggak diucap sama mulut. Setelah beberapa waktu lalu itu ngobrol sama seorang teman dan nyuruh untuk ikhlas. Ikhlasin semuanya juga baiknya. Sejujurnya waktu itu bener-bener gak ngerti sama maksud ikhlasin juga baiknya. 

Lalu beberapa waktu dihabiskan dengan mikir tentang ikhlas jenis baru itu. Biasanya ikhlas kalo ngerasa dijahatin orang atau ikhlas karena kehilangan sesuatu. Nah, kan gara-gara nulis ilkhlas karena kehilangan sesuatu jadi sadar lagi.

Iya, yang bikin susah maju karena belum ikhlas sama masa lalu. Sering enggak ikhlas kalo dijahatin, bawaannya pengen bales. Kalo itu mungkin bisa dibilang wajar karena ya sakit dan emosi bikin pengen bales walaupun ujungnya enggak jadi. Tapi, kalo lagi keinget tetep pengen bales dan itu yang bikin enggak ikhlas.

Kalo dijahatin pengen bales jahat bisa diwajarinlahya, paling enggak sama gue yang manusia. Untunglah udah nemu di titik enggak mau bales sama sekali, bukan karena nanti Tuhan yang bales karena Tuhan kan enggak jahat. Percaya karma sih, entah karma atau sebab akibat atau juga hukum Newtonian ya pokoknya percaya, cuma emang udah enggak sebegitunya peduli dan pengen liat orang itu dijahatin.

Setelah itu sepertinya sampe di titik udah maafin walaupun belom bisa lupa dan ternyata setelah disadarin juga belom maafin penuh karena mungkin susah. Lagi-lagi ini diwajarin karena masih manusia, berusaha untuk maafin itu udah susah banget sampe udah maafin walaupun belom penuh juga udah perjuangan.

Sampe situ udah bingung karena kadang masih ada yang ganjel tapi enggak tau apa. Sampe seorang temen bilang disuruh ikhlasin. Nah, setelah dia bilang itu ngerasa udah ikhlasin, apapun itu yang enggak enak udah dimaafin dan berusaha dilupain. Bener loh, berakibat kadang suka lupa kalolagi cerita.

Lalu, dia bilang lagi untuk ikhlasin baiknya juga. Asli, itu dipikir sampe lama enggak ngerti, gimana caranya ikhlasin baiknya. Terus-terus dipikirin sampe bego dan tiba-tiba ketemu dan terjadilah sebuah tegur sapa.

Rasanya hilang semua yang udah terjadi bertahun-tahun lalu dan bisa coba buka-buka lagi. Sampe barusan banget akhirnya ngerti maksudnya ikhlasin baiknya juga. Masa lalu emang bikin enggak bisa maju kalo enggak diikhlasin semuanya.

Ternyata kalo mau maju bukan cuma perbuatan jahat yang diikhlasin tapi perbuatan baik juga. Akhirnya, setelah sekian lama jadinya lega. Ya, mungkin emang bukan untuk semua orang tapi paling enggak buat gue itu berguna banget.

Pengen bilang terima kasih banget sih sama temen yang bilang itu tapi mudah-mudahan dia tau kalo semua ini ada campur tangan dia dan berbaga pihak. Enggak tau kenapa tiba-tiba jadi curhat banget, yang mau geli setelah baca curhatan ini silakan tapi kalo udah baca-baca mending jangan nanya-nanya soalnya males ngejelasin yang dicertain itu siapa.

Percaya aja kalo gue mau cerita bakalan cerita jadi kalo gue enggak ceritain tandanya gue gak mau cerita dan jangan nanya.

Tidak ada komentar: