Sabtu, 08 Oktober 2011

Terima kasih, GusMus!

Hari ini saya main sepeda sampe malem, sampe rumah itu sekitar jam sepuluh kurang. Niat dari di jalan adalah sampe rumah langsung tidur karena kaki itu rasanya udah pegel banget.

Di rumah kan ada tv ya, jadi saya nonton dulu dikit eh kebetulan saya setel Metro TV soalnya lagi gak ada yang rame cuma "Kick Andy" aja yang keliatan menarik. Itu acaranya udah mulai mungkin sekitar seperempat jalan.

Niat saya nonton sembari ganti-ganti karena ada film "Magnolia" eh malah bablas sampe abis. Saya enggak tau episode apa yang jelas bintang tamunya KH. A. Mustofa Bisri (GusMus). Wah, menurut saya bapak ini pintar sekali dan keren parah.

Saya terpukau pertama kali ketika beliau bilang, "saya tidak bisa menyalahkan anda karena berbeda dengan saya" lalu "perbedaan itu fitri" dan yang paling mantep "susah berdialog dengan yang berbeda itu penyakit". Entah kalimat pastinya apa tapi itu yang saya inget dan itu waw banget.

Apalagi tentang mengingatkan melalui kekerasan itu saya setuju banget sama pendapat beliau. Katanya biarlah semua mengkuti jalannya karena juga belum tentu jalan yang kita tuju benar karena nanti semua akan menuju jalan yang benar.

Oh iya dan ada satu lagi yang paling keren. Tentang pemikiran yang setiap orang pasti berbeda dan beliau katakan, "bepikirnya segila-gilanya yang penting jangan berhenti belajar, berpikir sama berzikir itu sama pentingnya jadi biarkanlah orang yang banyak berpikir".

Saya sudah tak bisa berkata apa-apa, semua obrolan yang terjadi tadi mencerahkan saya. Saya inget waktu dosen saya bilang orang pintar itu bisa menjelaskan sesuatu yang rumit dengan bahasa sederhana dan itulah yang tadi dilakukan oleh GusMus, sangat-sangat brilian.

Saya pikir Bapak ini keren karena saya merasa dimengerti tanpa saya perlu menjelaskan panjang lebar tapi cukup mendengar dan saya tak membantah.

Semoga ada versi mudanya dan belum nikah. Amin.

Tidak ada komentar: