Selasa, 09 Februari 2010

Permen Warna-Warni

Aku tersentak bangun di pagi ini, karena teringat janji penting. Hari ini aku janji dengan diriku sendiri, janji yang bisa saja kubatalkan tapi tidak. Aku bergegas, karena melihat matahari mulai bergerak menuju ke bentuk sempurnanya.

Aku membuka jendela, dan menghirup udara luar yang masih terasa sangat segar. Sudah cukup. Aku memilih pakaian terbaik, karena hari itu aku ingin melihat isi kota.

Aku membuka pintu dengan senyuman yang paling sempurna. Orang pertama yang kutemui adalah pengantar koran dengan seragam berwarna kuningnya. Kusapa dia dan dia memberikan senyum seraya memberikan korannya kepadaku. Berita utama hari itu adalah tentang hari ulang tahun kota ini, semua menyambut gembira.

Lalu, aku terus berjalan sambil bersenandung. Hari ini tepat untuk berjalan-jalan, karena cuaca sangat bersahabat. Aku melihat sebuah keranjang di tepi jalan, kuhampiri dan kulihat isinya. PERMEN. Dengan berbagai macam warna.

Aku ambil yang merah muda, jarang ada permen dengan warna ini. Langsung kumakan dan rasanya manis sekali, tapi saat itu aku suka. Setelah lama kurasa, kepalaku sakit maka kubuang sajalah.

Aku melihat warna-warna yang lain. Waw. Abu-abu? Rasanya aneh dan tidak dapat kujelaskan. Rasanya timbul dan tenggelam, tergantung berada di lidah yang mana. Sudah cukup, aku buang juga.

Setelah warna abu-abu, warna yang menarik perhatianku adalah merah. Warna merah yang ini rasanya berbeda dari merah yang lain. Bagus sekali. Ini paling menarik, segera kumakan. Hmm..ternyata permen ini tidak manis. Tapi aku suka sekali. Rasanya tepat di lidah dan tidak akan kubuang.

Aneh sekali, aku belum pernah lihat permen berwarna hitam. Aku perhatikan baik-baik, bungkusnya juga aneh sekali. Tapi akhirnya kumakan juga. Ini rasanya enak sekali. Pas sekali, tidak terlalu manis dan tidak juga pahit. Rasa yang hanya bisa kunikmati sendiri. Sendiri.

Setelah itu, aku hanya ingin kembali ke rumah dan menikmati dua rasa yang terakhir.

4 komentar:

CSB mengatakan...

hm. tulisan ini seakan direspon langsung oleh sebuah lagu dari Soundgarden yg berjudul Black Hole Sun. coba denger dan pelajari liriknya deh.

Penulis Dunia Dua mengatakan...

enggak punya, jadi harus bagi.

CSB mengatakan...

ini videoklipnya :
http://www.youtube.com/watch?v=qiSkyEyBczU

ini mp3 hi-quality-nya:
http://www.mediafire.com/?omm0wogvtwj

Penulis Dunia Dua mengatakan...

akan dilihat segera.