Senin, 11 Maret 2013

Bermain dengan Oriana : Part I

Saya punya temen baru, namanya Oriana. Dia itu warga negara asing yang berasal dari Amerika Serikat tepatnya California. Hari rabu kemarin saya menghabiskan waktu menemani dia lihat-lihat kota Jakarta naik Transjakarta.

Paginya, saya dan seorang teman saya yang bernama Nana ngajak dia ke salon langganan kami. Perawatan seluruh badanlah ya karena abis pulang main-main di pantai. Di salon itu kalo scrub pasti dapet kunyit asem, pastilah saya menganjurkan Oriana untuk nyobain dan dia doyan dong. Dia minum dua gelas yang mungkin seharusnya gelas kedua itu disiapin untuk pelanggan yang lain.

Rencananya temen saya Nana ini mau nganter ke Museum Nasional tapi karena dia harus kerja jam dua siang itu, alhasil saya dan Oriana diturunin di Halte Transjakarta. Kalo enggak salah dari Al-azhar menuju Museum Nasional. Beruntunglah dapet tempat duduk karena siang-siang biasanya penuh, kalo gak salah. Pas saya bilang kalau naik Transjakarta kita enggak bakal kena macet, Oriana seneng banget soalnya ya tau sendiri kan Jakarta itu macet dimanapun kapanpun.

Saya sempet liat internet dan disitu bilang kalo Museum tutup jam setengah tiga, saya agak panik sih karena pas naik Transjakarta itu udah jam satu lewat. Saya kasih tau Oriana dan mudah-mudahan kita masih bisa masuk. Hari itu lagi beruntung, kita sampe sekitar jam dua dan Museum masih buka. 

Masuk dan mencari meja penjual tiket. Terakhir saya kesana meja penjual tiket itu ada di depan pintu masuk. Udah ngikutin petunjuk jalan dan enggak ketemu juga. Akhirnya saya dan Oriana memutuskan untuk masuk karena enggak ada siapapun yang bisa ditanya. Enggak lama setelah kita masuk dan melihat-lihat, kita disamperin satpam. Ditanyain tiket dan disuruh beli, saya ngejelasin alasan saya dan satpamnya bilang tampak gak bisa terima, dipersepsi saya sih gitu. Oriana bantu saya juga ngejelasin dan akhirnya udah sih karena kita emang mau beli tiket juga, cuma gak nemu aja.

Setelah bayar dan saya seneng karena harga tiket Museum naik, tadinya itu 750 perak dan sekarang jadi 5000 rupiah. Yeah! Kebetulan di Museum lagi ada wisata anak SD jadi berisiknya bukan main, jadi kita mencari tempat yang agak sepi supaya enak lihat-lihatnya.

Beruntunglah saya karena di Museum ada terjemahan bahasa Inggrisnya, jadi saya enggak perlu ngejelasin semuanya panjang lebar. Cuma beberapa hal aja yang serem-serem gitu, seperti pemakaman di Toraja atau cerita mandiin Keris. Ya yang saya tau emang yang mistis-mistis gitu. Cuma ada satu pertanyaan yang saya enggak bisa jawab, kenapa Keris itu bengkok. Entah..

Setelah bertanya ke satpam katanya hari ini Museum tutup jam empat. Setelah muterin ruangan yang pertama ternyata Orianan kelaperan dan dia ngajak jajan, di Museum ada tempat jualan snack loh lumayan buat ganjel perut. 

Lalu kita ke lantai empat, mau ngeliat koleksi emas dan keramik. Museum udah mulai sepi padahal baru jam setengah empat, mungkin karena isi Museum tinggal kita berdua akhirnya satpamnya dateng dan bilang Museumnnya udah mau tutup.

Keluar dari Museum ternyata saya juga laper, niatnya saya mau cari makanan di pinggir jalan. Biasanya kan suka ada abang siomay atau bakso gitu. Ternyata cuma ada abang cincau dan cendol, ya lumayan untuk ganjel perut. Kami minum sambil berdiri, kata Oriana rasa cincaunya aneh tapi kagetnya dia doyan. Saya bilang, "it's good for your body..". Karena saya enggak tau bahasa inggrisnya panas dalem itu apa.

Setelah mengisi perut kami langsung berangkat menuju Ancol, mau ketemu temen saya yang kerja disana. Namanya Ticha, tapi saya biasanya manggilanya Bundo entah kenapa, awalnya saya juga lupa. Kami naik Transjakarta lagi. Dari Monas itu kami naik yang ke arah Senen dan ganti bus menuju Ancol. Dengan kerennya bus yang menuju Ancol itu bocor karena sepertinya abis kena hujan. Oriana cuma ketawa ngeliat bus bocor, iya emang bukan cuma rumah yang bocor.

Karena tulisannya udah panjang dan mencegah yang akan baca ini jadi bosan, maka akan saya lanjut cerita tentang Ancol di part II.

Tidak ada komentar: