Jumat, 03 Juni 2011

Pengorbanan dan Hubungan

Kadangkala saya berfungsi sebagai pendengar dari teman-teman saya yang bercerita atau kadang saya membaca melalui situs jejaringnya. Beberapa hari yang lalu saya ngobrol dengan teman. Macam-macam sekali sampai jauh sekali dan waktupun beranjak pagi.

Ada beberapa yang menancap-nancap di otak saya dan kali ini tentang hubungan. Hubungan antara manusia, entah keluarga teman ataupun pasangan. Ya, hubungan memang penting.

Saya dan teman saya ini sepakat kalau hubungan itu tentang saling. Saling menghargai, saling mengerti dan saling yang lainnya. Kelihatan sederhana dan tampak kalau semua orang tahu, pada teorinya. Tapi praktek sering tidak lebih mudah dari teori.

Saya tiba-tiba mengingat beberapa teman yang mengeluh tentang pasangan, teman atau keluarga. Bukan hanya teman-teman tapi juga saya sendiri. Kemungkinan besar sayapun mengeluh walaupun saya tahu mengeluh itu berbahaya tapi toh kadang saya sangat manusia

Ya, saya ingat! Beberapa teman yang selalu bilang tentang pasangan idaman, ingin yang begini atau begitu. Atau yang sudah punya juga mengeluh, katanya dia tidak dimengerti atau dia berjuang sendiri. Lalu untuk apa berpasangan kalau yang dipikirkan tetap diri sendiri?

Menurut saya hubungan itu tentang berbagi, entah itu sedih atau senang. Bukan hanya ingin dimengerti tapi juga mau mengerti dan tentang pengorbanan. Bentuk pengorbanan yang baik dengan tujuan berbagi itu tadi. 

Saya jadi ingat beberapa kalimat di buku Putu Wijaya, katanya cinta itu tentang pengorbanan. Semakin besar pengorbanan orang lain terhadap kita maka semakin besar cintanya. Misalnya, pengorbanan Ibu melahirkan anaknya atau Ayah yang mencari uang untuk kehidupan anaknya. Teman yang mendengarkan ketika dia juga sedang ada masalah atau pasangan yang rela mengerti disaat ia ingin dimengerti.

Begitulah, kelihatan sederhana tapi mungkin pada saat menjalankan tidak semudah itu. Semakin tak ada gunanya mengeluh karena keluh itu bukan lagi pengorbanan tapi bentuk keegoisan.

Semakin saya melihat sekitar membuat saya sadar orang-orang mencintai saya dan ketika saya yang melakukan pengorbanan betapa saya sadar bahwa saya mencintai mereka dalam bentuk apapun. 

Tidak ada komentar: