Kamis, 23 Februari 2017

Belajar dari si Ibu Baik

Setiap orang pasti banget ada kelebihan sama kekurangannya, biasanya kalau saya berprasangka baik pada kesan pertama ujungnya gak enak dan kalau berprasangka buruk ujungnya gak akan kenal karena males. Paling enak adalah enggak berprasangka sama sekali.

Di kantor ini ada seorang Ibu Direktur yang baik hatinya dan dengan kebaiknannya ya pastilah ada satu situasi dan kondisi yang enggak ngenakin tapi ketutuplah. Duh, ini ceritanya mau nyeritain tentang kebaikan dia tapi takut. Biarlah, toh manusia begitu ya.

Ini tuh banyak banget pelajarannya dari si Ibu Direktur tentang bagaimana memperlakukan orang lain. Banyak hal yang memorable juga jadi bingung mau mulai darimana. Mari dimulai dari pertama kali bertemu.

Pertama kali ketemu ya biasa aja sih, normal-normal aja gak ada prasangka baik ataupun buruk karena pembawaannya juga biasa aja sampai ada satu kejadian yang bikin jadi agak deket. Kejadiannya adalah sungguh dramatis karena waktu itu saya dituduh nyimpen uang perusahaan dan ya saya mah orang baik jadi pasti ketauan kalo enggak salah. Disanalah awal mulanya kepercayaan itu muncul.

Disertai dengan banyak kejadian lagi yang sangat manusiawi, dengan jabatan beliau menempatkan diri dengan pas. Disatu sisi beliau adalah seorang pemimpin, di sisi satu lagi seperti seorang Ibu dan satu sisi lagi seperti teman.

Kita kalo ngobrol ya kayak temen aja, ngomongin apa aja segala macem dibahas walaupun beda jaman dan kadang beda preferensi tapi saling hormat satu sama lain. Kayak seorang Ibu adalah dia suka banget ngejajanin, ngejagain, ngemanjain bahkan waktu mesti nangkring tiba-tiba ke Semarang di jemput dan diajak nginep di rumahnya. Banyak lagi kondisi lain yang bikin bener-bener kayak Ibu.

Dengan penempatan yang begitu beliau juga pas menempatkan diri sebagai pemimpin yang bikin saya hormat sama dia, mau minta tolong apa aja di jam berapa aja biasanya saya kerjain. Dengan baiknya beliau selalu bilang tolong dan terima kasih. Itu ada udah cukup.

Dan sebagai pimpinan dia juga ngemong, pendengar yang baik, membela anak buahnya didepan yang lain juga kadang ditinggi-tinggiin gitu deh. Lemah udah seorang saya sebagai orang yang loyal diperlakukan begini ya setia dong.

Mungkin juga karena Direktur yang satu lagi kelakuannya beda jauh kali ya, jadi berasa bener bedanya

Bahkan di masa-masa sulit, ketika lagi bingung banget dia ngedengerin walaupun enggak ngerti sama jalan pikiran saya dan mencoba untuk mengerti jalan pikiran saya dan mencari solusi yang terbaik yang juga bikin tenang.

Di jaman-jaman mau resign itu, Ibu ini juga yang melarang dengan sangat logis memberikan solusi untuk menghilangkan kebosanan dengan cutilah setiap bulan. Luar biasa pengertian menghadapi seorang anak yang sering kayak anak kecil.

Sebenernya memperlakukan pegawai seperti manusia itu udah cukup sih dan ini malah lebih, jadinya banyak belajar untuk jadi lebih sabar dan lebih baik karena udah diperlakukan begitu sama orang lain atau mungkin karena saya orang baik jadi disekitar banyak juga orang baiknya.

Nah itu sebuah kata-kata orang itu ada benernya juga kalo mau liat kelakuan orang itu jangan liat pas dia bersikap ke sesamanya atau keatasnya tapi gimana dia bersikap ke bawahnya. Indah. Menghargai kebebasan dan perbedaan juga indah banget.

Tidak ada komentar: