Rabu, 31 Agustus 2016

Hidup seperti Berak

Sesungguhnya hal yang paling susah diterapkan yang ada di dunia saya adalah sabar. Sabar sama diri sendiri yang mungkin begini emang nasib seorang Taurus yang sukanya nanduk-nanduk. Kalo udah kepengen kalo kata si emak mah "kayak orang pengen berak", udah susah banget buat ditahan lagi. 

Dengan anehnya hidup saya itu enggak jauh dari berak. Sedari kecil punya pencernaan kayak burung, begitu abis makan jeda beberapa menit pasti perut udah mulai mau dikeluarin isinya. Terutama kalau minum susu atau makan bubur, tapi sekarang mah apa aja hasilnya sama. Berak itu enggak cukup sekali sehari, pagi itu biasanya dua kali, siang dan malam kadang-kadang. Maksimal sehari 5 kalilah itu pengeluaran wajib disetorkan.

Akhirnya mungkin hidup ini enggak jauh dari analogi si berak itu. Kalau udah mau sesuatu itu si diri sendiri susah banget disabarinnya dan entah kenapa hal lain seakan mendorong kearah sana, entah karena akhirnya alam bawah sadar yang menyadarkan atau karena jalannya emang kearah sana.

Bahayanya adalah sama seperti keinginan berak, harus segera dikeluarkan kalau gagal atau ada penghalau yang bikin gak jadi berak maka biasanya si berak jadi susah, udah enggak mau lagi dan jadinya keras. Harus makan macem-macem dan minum macem-macem biar keluar lagi dan itu aslinya susah banget.

Begitu juga sama saya, kalau lagi kepengen banget dan harus berhenti karena satu dan lain hal makanya itu si keinginan biasanya hilang. Hilang beneran hilang, kayak lagi suka sama orang lalu tiba-tiba enggak suka maka jadinya males. Males banget.

Nah, ngebangkitin lagi keinginan itu butuh perjuangan yang amatlah berat. 

Sekarang ini lagi ada beberapa keinginan yang perlu untuk dijalankan supaya enggak hilang. Pengen cepet-cepet usaha biar bisa lunasin segala kewajiban dan mencukupi segala kebutuhan. Tapi enggak bisa langsung berenti kerja karena modalnya belum cukup. Enggak bisa lagi impulsif karena kewajiban udah makin dan lebih banyak dari hak.

Banyak hal yang harus dipikirin yang bikin enggak fun dan enggak jadi diri sendiri. Bukan lagi waktunya untuk berhenti dan enggak mikirin sekitar. Damn!

Tambah lagi semalem nonton lagi film "The Book of Life" yang ngingetin lagi buat menulis cerita sendiri yang bukan didikte oleh orang lain. Juga kemarin dengerin cerita ibu-ibu yang mikirin anaknya mau kuliah yang enggak sesuai sama keinginan ibunya dan dia bilang "kalo kuliah itu nanti kerjanya apa?". Itu bener-bener kalimat menyeramkan.

Kenapa hidup diatur sama nanti kerjanya apa?????

Ya, kenyataan pahit kalau hidup butuh uang buat memenuhi kebutuhan fisiologis. Tapi menurut Teori Hirearki Kebutuhan milik Bapak Maslow kalau selain itu sebagai manusia butuh rasa aman, kasih sayang, penghargaan dan yang paling atas nih ada aktualisasi diri. Gimana caranya terpenuhi kalau cuma kerja cari uang. Gimana caranya aktualisasi dirinya bisa terpenuhi kalau pas mau kuliah yang dipikirin adalah nanti kerjanya apa.

Ya, idealnya adalah kerja yang sesuai hobi tapi mana ada sih yang ideal. Paling enggak ngerjain yang bikin hati tenanglah, bukan cuma sekedar nyari duitnya aja. Pengennya duit itu cuma bonus dari ngerjain yang disukai.

Hal yang bikin ngeri lagi adalah hidup cuma sekali dan semua hal gak bisa diulang.

Lalu berada ditempat yang bimbang harus cepet-cepet berhenti atau sabar lagi sampai tabungan cukup untuk berhenti. Udah enggak sabar mau mengaktualisasi diri, pengen nulis, pengen bikin cerita, pengen bikin buku, pengen tulisannya dijadiin film, teater, musikal dan lainnya lagi.

Ya, seenggaknya sekarang udah beneran menyisihkan sebagian dari gaji untuk tabungan masa depan. Salah satu rencana sudah berjalan dengan semestinya.

Semoga semuanya berjalan sesuai dengan rencana atau diberi yang terbaik sama Yang Maha Kuasa untuk dua tahun lagi (kalau bisa kurang) berhenti kerja sama orang dan mulai kerja sendiri dan bisa menjalankan semua semua yang diinginkan. 

Sekarang "berak" nya ditahan dulu, walaupun susah nahan dan nanti susah keluar lagi. Mudah-mudahan nanti pada waktunya bisa keluar dengan lancar.


Tidak ada komentar: