Senin, 15 Agustus 2016

Cerita si Cowok Baik

Saya termasuk orang yang setiap hari harus nonton dan ini adalah kegiatan sehari-hari yang enggak pernah bosan saya lakukan dalam hidup. Kenapa enggak bosan karena nonton itu banyak pilihannya, bisa film hollywood, film festival, animasi, anime, series, variety show dan masih lagi dibagi dalam bentuk genre, paling pentingnya semua ditonton tergantung mood. Tanpa mood semua akan sia-sia, gak enak nontonnya, gak ada rasanya.

Nah, pada saat tertentu saya suka nonton film-film komedi romantis yang biasanya ketebak ceritanya. Yang bikin beda adalah akting dan alurnya aja. Dari kebanyakan film komedi romantis pasti ada cerita tentang cowok baik, cowok yang selalu ada tapi ujungnya gak pernah dipilih. Dia tinggalin dalam sedih dan biasanya kalo nonton akan bilang, "pengen ih punya cowok baik kayak gitu".

Ini pembukaannya panjang buat nyeritain tentang cowok-cowok baik dalam hidup yang dalam cerita ini ditinggal juga padahal tiap nonton pengen disayang aja itu cowok baik, gak mau disia-siain kalo ada. Kenyataan sama film itu emang kadang mirip tapi khayalan yang mengacaukan segalanya.

Ceritanya, beberapa hari lalu ketemu sama seorang cowok baik yang pernah singgah di hidup. Pas ketemu biasa aja, lalu mikir sambil ngeliatin mukanya dari jauh, mikirin serius pernah ada sesuatu gitu karena enggak pernah terlintas di pikiran sebelum ketemu. Ya, kenyataan emang jahat. Jahat banget.

Lalu, tiba-tiba ingatan datang. Ya ampun, si cowok temen sekolah dulu yang ketemu lagi pas lagi gandrung sama game online. Ketemu aja disana kayak jodoh, jodoh sebentar aja. Ketemu di game, tukeran nomer ponsel, masih jaman sms-an, teleponan dan sadar kalo kita temen sekolah. Waktu itu jarak memisahkan, luar kota emang bikin kesepian. Lalu sepi diisi sama si cowok baik ini, yang beneran baik.

Terpisah jarak ratusan kilometer enggak bikin dia berubah. Setiap harinya selalu ada, setiap waktu kita bisa ketemu dia udah siap sedia nunggu, bilang mau kemana aja juga gak pernah ada keluhan. Bahkan pas saya susah dihubungin, dia bisa tiba-tiba muncul di tempat game online bawa boneka. Bonekanya masih ada di kamar sampe sekarang tapi gak pernah ngingetin ke si cowok baik sampe akhirnya ketemu lagi kemarin.

Lalu di satu waktu, perasaan itu hilang. Hilang tak berbekas, mungkin karena bosan atau mungkin karena dari dulu enggak ada perasaan tapi kesepian. Saat itu hatinya enggak bisa dipaksa, si cowok baik ditinggal begitu aja karena ada cowok yang bikin hati berdebar. 

Beberapa sms tak berbalas, beberapa telepon tak diangkat. Untungnya masih punya pikiran gak boleh sejahat itu. Susahnya dia karena kami tak berstatus dan saya memang tak mau status dari siapapun, bahkan ke si cowok yang bikin berdebar. 

Lalu terpikir untuk menjelaskan semua ke cowok baik. Entah apa yang mau dijelaskan, begitu ngobrol si cowok baik udah tau dan udah ngerti, entah dia berbesar hati atau sok kuat ya enggak tau, yang penting akhirnya baik.

Sekarang, beberapa waktu tetelah ketemu si cowok baik ternyata hasilnya pun bukan penyesalan karena menyia-nyiakan dia yang baik. Tapi merasa bersyukur enggak mencoba terus sama dia, akan ada dua orang yang terus-terusan sakit kalau sama dia.

Ya, mau enggak mau film itu emang berdasarkan kisah nyata. Hal-hal yang dulu enggak dimengerti pas nonton toh sekarang baru ngeh, kalau sesuatu itu enggak bisa dipaksa walaupun sebaik apapun. Kalau hatinya enggak mau ya enggak bisa.

Semua yang terpaksa enggak akan baik.

Tidak ada komentar: