Kamis, 26 Mei 2011

Ejaan Baru yang Aneh

Begini ceritanya, ya memang saya ini secara usia sudah tidak bisa lagi dibilang remaja tapi dewasapun seperti belum sampai banget jadi ya entah namanya apa.

Saya sering kesal sama teman-teman yang tulisannya susah dibaca atau sebenernya enggak sesuai sama ejaan bahasa Indonesia. Memang waktu saya masih smp dan masih menggunakan jejaring Friendster tidak dapat dipungkiri kalo saya juga pernah seperti itu, enggak tau juga dulu itu apa yang saya pikirin kayanya pengen keliatan keren.

Cuma sekarang ini loh, ya teman-teman saya kan juga udah bukan smp lagi atau sma. Mungkin sebagian masih ada tapi masa iya masih ingin keliatan keren dengan bahasa yang ajaib itu sih? Aduh, saya enggak pantes sih bilang gini sebenernya tapi ya enggak apa-apa lah ya, toh cuma mau mengeluarkan kegelisahan.

Contoh mudahnya aja deh, nama di Facebook yang bukan nama asli tapi enggak tau nama siapa tapi panjaaang banget dan susah dibaca. Kadang hurufnya besar dan kecil dan kadang juga pake angka, 4 adalah A atau 3 adalah E. Kan udah ada hurufnya kenapa mesti nyusahin dengan pake angka lagi.

Lalu, ya mungkin sudah bergeser lagi tetep pake huruf tapi diganti. Huruf T berubah jadi D atau huruf Y berubah jadi I dan lain sebagainya, misalnya banget ya jadi banged atau sih jadi siy. Sumpahnya saya enggak ngerti dan kadang saya capek bacanya.

Oh iya, ada lagi tentang penggunaan tanda titik atau koma. Setau saya sesuai ejaan, titik atau koma itu tepat sesudah kata lalu spasi tapi sekarang banyaknya spasi lalu titik lalu spasi lagi. Misalnya begini nih : "Budi pergi ke rumah teman . Teman Budi bernama Arif  ."

Lah, sejak kapan jadi begitu? Saya enggak tahu juga tapi ya aneh aja. 

Ya sebenernya sih bukan urusan saya tapi karena saya bingung dan tak mengerti maksud dari tiap orang itu jadi ya saya tulis aja deh tapi saya tak ada maksud ingin mengubah atau apapun. Sebenernya sih terserah mau bagaimana juga bahasanya, tapi setidaknya hargailah Bahasa Indonesia itu sendiri. 

Yah, teman apa lagi sih yang mau diperlihatkan ke orang di umur segini. Cukup apa adanya maka jadi lebih enak ngeliatnya. Buktinya saya tetep keren pake bahasa Indonesia.

Tidak ada komentar: