Senin, 30 Mei 2016

Migren dan Hati

Kira-kira beberapa bulan yang lalu, dalam jangka satu tahun saya bolos menulis di blog. Migren yang merupakan penyakit langganan saya, tiba-tiba saja tak kunjung henti. Biasanya paling parah satu minggu sekali saya migren, tapi ini tiga minggu non-stop.

Penyakit ini biasanya dimulai dengan padangan kabur yang biasanya disebut aura. Disalah satu mata entah kanan atau kiri akan buram dan disertai dengan mual. Lalu, sekitar 10-15 menit kemudian datanglah sang migren yang sangat amat menyiksa.

Kira-kira begini yang namanya Aura Migren

Ditambah saya yang introvert, kalau sedang kena serangan migren saya sama sekali enggak mau interaksi dengan siapapun. Karena mendengar orang bersuara itu bikin migren tambah parah dan kesal, kena sinar matahari atau cahaya lampu pun benci. Jadi haru sejauh mungkin interaksi dengan siapapun kecuali kegelapan dan kesendirian. Penyakit kesepian.

Dan pada masa itu saya mengalami selama tiga minggu, tiga minggu penuh siksaan karena saya sama sekali tidak ingin berinteraksi dengan siapapun. Setiap interaksi menambah parah, dua kali ke dokter umum tidak ada perubahan sampai akhirnya dirujuk ke Dokter Syaraf.

Berkunjunglah saya ke Dokter Syaraf di RSPAD dan bertemu dengan dokter Hardhi yang menurut saya sih ganteng. Kunjungan pertama diperiksa segala macem, lalu fisioterapi dan diberi tiga jenis obat. Satu untuk serangan, satu untuk siang dan satu untuk malam. Tiga hari disuruh mengadap dan kalau tidak ada perubahan harus CT Scan.

Bersyukur keadaan semakin membaik, tapi salah satu obat yang untuk serangan tidak berpengaruh apa-apa. Setelah tiga hari kontrol, lapor ke dokter tentang obatnya dan digantilah obat serangan yang baru yang ampuhnya luar biasa. 

Ketika saya muncul aura dan langsung minum obat serangan, migrennya bener-bener enggak balik lagi. Kontrol ketiga sudah mulai hilang migren, hanya disuruh habisin obat dan minum obat kalau serangan. Lalu kata dokter, "kamu ada konflik apa?". Dan dirujuklah ke Psikolog dan Dokter Mata.

Kenapa harus ke Psikolog karena begini:

Berbagai macam pantangan Migren
Penyebab migren itu tidak bisa sepenuhnya diketahui, bisa dari makanan, lelah fisik seperti kepanasan, terlambat makan dan kurang tidur dan juga lelah mental seperti emosi dan konflik dengan siapapun yang dibawa ke hati. Jadi, kalo punya migren emang harus hati-hati sekali, tapi ya gimana caranya kalo lagi emosi mah ya.

Setelahnya saya konsultasi ke Dokter mata di Cicendo Bandung, sekalian main sekalian berobat. Hasilnya adalah harus pake kacamata karena sudah minus tapi mingren yang saya derita tidak ada hubungannya dengan mata. Sekian.

Lalu pada akhirnya setelah beberapa waktu tidak konsultasi dengan Dokter Syaraf, si migren kembali datang dan pergi. Kali ini berlabuh diantar satu bulan atau dua minggu sekali. Sampai akhirnya setelah konsultasi dengan teman yang sedang S2 Psikologi, direkomendasikanlah dengan Psikolog.

Hasil dari Psikolog, sugestinya rahasia.
Memberanikan diri menghubungi Dr. Lia untuk mengatur jadwal konsultasi yang bikin deg-degan. Karena niat awalnya itu mau konseling biasa aja, tapi spesialisasi Dr. Lia ini adalah Hypnotherapy. Yang setelah diskusi panjang lebar tentang migren akhirnya menyesuaikan jadwal.

Dibalik migren juga waktu itu saya kehilangan seorang teman yang pertama kalinya bikin saya nangis gara-gara satu orang itu dalam waktu sebulan penuh dan empat bulan diare, setiap harinya saya buang sisa pencernaan minimal 4 kali. Ya, saya kalau sedang senang atau sedih pasti membuat diare.

Sebelum hypnoterapy entah kenapa saya tegang juga penasaran. Penasaran bagaimana saya bisa cerita begitu saja dengan orang lain yang dengan orang deket aja susahnya minta ampun. Segala macam ketakutan muncul sampai dihari yang ditentukan.

Saya pergi tanpa bilang akan kemana. 

Tepat jam tujuh malam saya tiba di rumah Dr. Lia. Ngobrol-ngobrol sebentar dan sedikit penjelasan tentang hypnoterapy dan apa yang akan dilakukan nantinya. Yang bener-bener mirip kayak di film, caranya mirip banget. Saya sepenuhnya sadar dan dalam keadaan sangat santai.

Akhirnya saya nangis sejadi-jadinya, selama dua jam tanpa henti. mengeluarkan segala rupa yang (mungkin) penyebab migren. Ya, emang belum keluar semua tapi sebagian besar segala yang tertahan oleh saya si anak introvert ini keluar. Kalau yang tidak keluar di mulut, keluar di hati tapi semua keluar. 

Efeknya saat itu saya seakan ngerti apa itu bahagia. Bahagia buat saya itu berhasil ngeluarin apa yang ada di dalam diri. Yang bikin semua beban serasa lepas. Yang dengan anehnya setelah hypno badan enggak terasa pegal-pegal lagi, migren jarang muncul dan saya jadi makin ngerti gimana caranya pake hati.

Hati itu terlalu banyak arti dan fungsi buat saya.

Hati bisa bikin bahagia. Hati yang kalau diikuti bener-bener bikin bahagia. Hati yang mengajarkan untuk berbagi. Hati yang mengajarkan untuk berbuat baik. Hati yang tidak ingin membuat orang lain susah dan terluka. 

Hati yang sudah terlalu banyak kerja keras tapi kadang disalahkan karena terlalu baik sampai melukai hati sendiri. Hati juga yang menunjukkan arah kebahagiaan. 

Jadi ikutin kata hati itu bener. Hal yang pertama kali tercetus itulah kata hati. 

Percayalah. Hati itu tidak pernah bohong.

Tidak ada komentar: